7 Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

By Suhendro-SHR 21 Des 2022, 14:48:55 WIB Pendidikan
7 Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Penulis : Vanya Karunia Mulia Putri | Editor :Vanya Karunia Mulia Putri
KOMPAS.com - Saat ini, pendidikan menjadi kebutuhan dan salah satu hal penting yang wajib dilakukan, baik di Indonesia maupun negara lain. Pada dasarnya, pendidikan ditujukan untuk menjadikan seseorang memiliki kepribadian berkualitas juga berpandangan luas. Secara garis besar, pendidikan bisa diartikan sebagai pembelajaran, pengetahuan, dan keterampilan seseorang yang diwariskan kepada orang lain. Agar lebih memahaminya, berikut tujuh definisi pendidikan menurut para ahli :

Ki Hadjar Dewantara
Dikutip dari buku Manajemen (2013) oleh Husaini Usman, definisi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah:
"Pendidikan adalah upaya untuk memajukan bertumbuhanya budi pekerti (kekuatan batin dan karakter), pikiran, serta tubuh anak." 

John Dewey
Dilansir dari buku Filsafat Pendidikan Islam (2019) karya Sudarto, definisi pendidikan menurut John Dewey adalah sebuah proses pengalaman. Baginya, pendidikan membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi usia. Sebab, proses pertumbuhan meliputi penyesuaian pada tiap fase kecakapan seseorang.

Herman H. Horn
Menurutnya, pendidikan adalah proses abadi dari penyesuaian makhluk hidup yang telah berkembang secara fisik dan mental. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pendidikan juga meliputi kesadaran akan Tuhan dan alam sekitarnya, serta sisi emosional dan kemauan manusia.

Langeveld
Dalam buku Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (2017) karya Syafril dan Zelhendri Zen, berikut definisi pendidikan menurut Langeveld: "Pendidikan adalah bimbingan yang diberikan orang dewasa kepada anak untuk mencapai kedewasaan dalam perkembangannya." Langeveld menjelaskan bahwa pendidikan itu ditujukan untuk membentuk karakter anak agar cakap dalam melaksanakan tugasnya.

Mahmud Yunus
Baginya, pendidikan adalah usaha yang sengaja dipilih untuk memengaruhi dan membantu anak demi meningkatkan ilmu, jasmani, dan akhlaknya.

UU Nomor 20 Tahun 2003
Undang-undang ini membahas tentang sistem pendidikan nasional. Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) UU Nomor 20 Tahun 2003, berikut definisi pendidikan: "Pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajar, agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya, agar memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang dibutuhkan, baik bagi dirinya, masyarakat maupun bangsa serta negara."

Frederick J. Mc Donald
Baginya, pendidikan adalah proses seseorang untuk mendapatkan sesuatu, di mana prosesnya mengarah pada tujuan seseorang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli",
Penulis : Vanya Karunia Mulia Putri
Editor : Vanya Karunia Mulia Putri

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment